– INDONESIAN MARINE FISHERIES – FPIK UB
Ditulis pada tanggal 10 July 2018, oleh admin

IM-FISHER

 

Roadmap Pengembangan Riset

Roadmap pengembangan riset di dasarkan pada beberapa hal diantaranya adalah prospek perikanan tangkap di masa depan, fokus riset dari setiap anggota tim riset dan juga keunikan kajian yang bisa menjadi unggulan di bidang perikanan tangkap. Berikut adalah road map penelitian untuk masing-masing bidang:

1. Sumberdaya Ikan

Berdasarkan prospek masa depan, Sumberdaya ikan akan menjadi komoditas pangan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein sebagian besar masyarakat dunia. Menghadapi hal tersebut, ketersediaan data identifikasi tentang sumberdaya ikan akan memberikan informasi tentang potensi ikan unggulan dan penting di setiap WPP yang selanjutnya akan dijadikan dasar dalam merancang alat tangkap yang sesuai dan dasar pengelolaan stock sumberdaya ikan ini pada setiap setiap WPP.

2. Teknologi Penangkapan ikan

Penelitian tentang Teknologi penangkapan ikan di fokuskan untuk menghasilkan alat tangkap ikan, alat bantu penangkapan yang ramah lingkungan. Hasil akhir dari riset ini adalah alat tangkap yang ramah lingkungan dan ter standard. Selain itu, untuk menampung potensi besar dari sebagian besar eneliti untuk menciptakan teknologi perikanan dan kelautan, maka menghasilkan desain dan produk unggulan pendukung sektor ini akan menjadi prioritas unggulan dari kegiatan riset group ini.

3. Manajemen Perikanan Tangkap

Penelitian tentang pengelolaan perikanan tangkan akan dilakukan secara bertahap untuk menghasilkan pengeloaan yang sesuai dengan karekteristik WPP setempat, meliputi faktor jumlah alat tangkap, lingkungan, sosial, sumberdaya ikan dan sebagainya.

Tabel 1. Roadmap Kelompok Kajian IM-FISHER

 

Roadmap Pengembangan Manajemen

Rencana pengembangan manajemen kelompok penelitian ini memfokuskan pada:

  1. Upaya menjalin kerjasama dengan pemerintah,swasta, stakeholder, perguruan tinggi perlu ditingkatkan dengan melakukan kegiatan bersama yang saling menguntungkan kedua belah pihak
  2. Peningkatan publikasi ilmiah dan penulisan buku ajar
  3. Pendampingan penulisan karya ilmiah untuk jurnal internasional, pengujian plagiasi, dan publikasi dana yang disediakan per karya ilmiah maksimal tidak lebih dari Rp 5.000.000 (Lima juta rupiah).
  4. Mengikuti seminar internasional. Untuk mendesiminasikan hasil penelitian anggota pusat unggulan iptek maka hasil penelitian yang sudah ada akan didaftarkan untuk seminar.

Target sasaran pengembangan pusat unggulan iptek adalah penelitian yang mengarah pada:

  1. Produk unggulan teknologi di bidang pesisir kalutan yang dapat dimanfaatkan oleh nelayan, penggiat konservasi, pengawasan dan stakeholder terkait
  2. Peningkatan peran serta perguruan tinggi dalam pengembangan kawasan pesisir melalui berbagai kegiatan pelatihan, pembinaan di berbagai bidang ekonomi, konservasi dan teknologi penangkapan
  3. Menghasilkan produk unggulan innovasi yang akan menjadi ciri khas Fakultas Perikanan dan Ilmu Kalautan di Universitas Brawijya dan juga nasional
  4. Menjadi Kelompok Kajian yang mandiri dan professional dengan beberapa bidang usaha dari pengembangan hasil penelitian menjadi produk industri.

Tabel 2. Roadmap Pengembangan Manajemen Kelompok Kajian IM-FISHER 2017-2025