– INDONESIAN MARINE FISHERIES – FPIK UB
Ditulis pada tanggal 12 April 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan  Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu yang bertema “Peran Dunia Pendidikan dalam Mengakselerasi Pembangunan Perikanan dan Kelautan” pada Kamis 11 April 2019 di Ruang Auditorium lantai 8 Gedung FPIK. Dalam kegiatan kuliah tamu hadir Prof. Mulyono S Baskoro yang merupakan Ketua Program Studi Teknologi Perikanan Laut IPB, Agus Wahyu ST MT selaku perwakilan subdirektorat Rancang Bangun dan Permesinan Kapal Perikanan KKP RI dan  Danu Sudrajat APi M.AP dosen STP Jakarta.

Prof. Dr. Ir. Happy Nursyam MS  dalam sambutannya menyampaikan bahwa  tujuan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan menyelenggarakan kuliah tamu adalah untuk mengembangkan potensi dan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perikanan melalui dunia pendidikan. “Kebetulan hari ini Prof. Mulyono dan rekan-rekan mengadakan kunjungan di FPIK UB. Selanjutnya ketika saya menanyakan apakah Prof. Mulyono berkenan memberi kuliah tamu dan ternyata beliau menyanggupi, maka terlaksanalah kuliah tamu kita hari ini.” Ungkap Prof. Dr. Ir. Happy Nursyam MS   saat menyampaikan sambutannya.

Dalam acara kuliah tamu, Prof. Mulyono S Baskoro menyampaikan bahwa perguruan tinggi melalui tri dharmanya harus menyesuaikan diri dengan permintaan pasar, contohnya dengan mengembangkan prinsip enterpreneur sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas. Selanjutnya penyusunan kurikulum dan mengembangan riset juga harus diintegrasikan dengan KKP dan nelayan sebagai user. Contohnya disampaikan oleh Pak Danu ada materi kedua yang menjabarkan hasil penelitiannya mengenai pengembangan teknologi atraktor cumi untuk menjaga keberlanjutan sumberdaya cumi. Pada materi ketiga Pak Agus menyampaikan hasil penelitiannya mengenai disain konstruksi kapal bantuan KKP yang harus sesuai dengan kearian lokal nelayannya agar bantuan tersebut tepat guna.

Acara kuliah tamu berlangsung dengan baik. Dalam kesempatan kuliah tamu dihadiri oleh  mahasiswa dan dosen di lingkungan FPIK UB. Setelah berlangsung 2 jam, acara pun berakhir dengan riuh tepuk tangan. Selanjutnya kuliah tamu ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Bapak Sunardi ST MT selaku ketua Progam Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan kepada ketiga pemateri.