– INDONESIAN MARINE FISHERIES – FPIK UB
Ditulis pada tanggal 6 September 2018, oleh admin, pada kategori Berita Terbaru, Kegiatan

BBPI semarang kembali menadakan gelar teknologi kementrian kelautan dan perikanan. Teknologi ang disajikan adalah teknologi yang bersifat tepat guna atau teknologi yang bisa di manfaatkan oleh nelayan dalam rangka unuk mensejahterakan nelayan.

Teknologi tepat guna adalah suatu teknologi yang dikembangkan yang dikarakterisasikan oleh adanya kreativitas dan rekayasa yang mengenali kondisi sosial, lingkungan, politik, ekonomi, dan aspek teknik dimana menjadi solusi teknologi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat (Schumacher, 1965). Pengembangan, penerapan dan pemanfaatan teknologi tepat guna dapat memberikan nilai tambah pada kegiatan perekonomian masyarakat khususnya nelayan. Teknologi tepat guna adalah salah satu pilar utama bersama sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam pembangunan ekonomi nelayan melalui pemanfaatan teknologi.

Riset Group IMFISHER turut serta dalam kegiatan pameran ini dengan menyertakan 3 produk unggulannya yaitu:

  1. Floatimg Set Net
  2. Long Line Bubu
  3. Lampu Celup Bawah Air

Prototype dan desain alat penangkapan dan alat bantu penangkapan mengundang antusiasme pengunjung yang datang dengan berbagai komentar dan saran yang positif. Desain alat  tangkap Floating Set Net dan Long Line Bubu masih dalam tahap desain awal, perlu adanya uji coba lapangan untuk menguji apakah alat ini efektif dalam operasi penangkapan ikan. Penelitian dan pengembangan alat akan dilanjutkan pada waktu yang mendatang dalam menunjang perikanan berkelanjutan.